Cara Membuat Pengacakan pada Angka di Visual Basic 6.0

Cara Membuat Pengacakan pada Angka di Visual Basic 6.0

Selamat datang kembali di TeknoTips.NET. TeknoTips.NET adalah media online Indonesia yang diluncurkan pada bulan Maret 2015. Kami berkomitmen menyajikan konten seputar teknologi yang berkualitas dan bermanfaat. Ulasan kami terdiri dari berbagai topik: pemrograman komputer & database, review produk, tutorial windows, linux, android, kumpulan source code & project program, referensi tugas akhir & skripsi, download ebook, game & software.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas artikel yang berjudul : Cara Membuat Pengacakan pada Angka di Visual Basic 6.0.

Cara Membuat Randomize (Pengacakan) pada Angka - Kita sering melihat dan menyaksikan pengundian melalui nomor-nomor yang diacak menggunakan komputer. Sebenarnya anda juga bisa membuat program seperti itu melalui Visual Basic.

Randomize (Pengacakan) angka biasanya digunakan untuk memunculkan salah satu angka yang muncul dari sekian banyak angka.Biasanya pengacakan angka digunakan untuk proses pengundian yang dijalankan secara otomatis.

Untuk melakukan proses pengacakan angka,kita bisa menentukan angka yang kita akan acak yaitu kisaran 0 sampai dengan jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan.Misalnya kita menetukan angka pengacakan dari abgka 0 sampai dengan angka 100 yang akan kita acak,maka setelah pengacakan dijalankan hasilnya berupa angka 1 sampai 3 digit yaitu angka 0 sampai dengan angka 100.

Untuk membuat pengacakan Angka tidak banyak di butuhkan kontrol, hanya membutuhkan 1 Timer dan beberapa label.Timer inilah yang berfungsi untuk menjalankan pengacakan sesuai dengan interval yang diberikan.Semakin kecil angka interval yang dimasukan semakin cepat pengacakan angka dijalankan dan sebaliknya semakin besar angka interval maka semakin lambat pengacakan angka.Visual Basic menyediakan Statement Randomize yang bisa digunakan untuk mengacak angka.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuatnya, ikuti langkah langkah berikut untuk lebih memahami penggunaan statement Randomize.


Cara Membuat Program Angka Acak di VB6

1. Letakan sebuah Label, sebuah Timer dan 2 buah CommandButton pada form, berikut tampilannya seperti gambar dibawah ini
Source Code Program Angka Acak di VB6
Form setelah di beri Kontrol
 2. Atur properti masing kontrol seperti dibawah ini
KONTROLPROPERTI
Label1Caption:
TimerInterval: 500
Command1Caption:ACAK
Command2Caption :STOP

3. Buka Jendela kode lalu ketikan kode dibawah ini :

Private Sub Command1_Click()
Timer1.Enabled = True
End Sub

Private Sub Command2_Click()
Timer1.Enabled = False
End Sub

Private Sub Form_Load()
Timer1.Enabled = False
End Sub

Private Sub Timer1_Timer()
Dim i As Integer
Randomize
i = Int(Rnd * 1000)
Label1.Caption = i
End Sub

Pada bagian kode kontrol timer ada kata statement Randomize.Statement itulah yang akan berfungsi sebagai pengacakan pada saat program dijalankan.Jika Satement tersebut tidak ada pada saat menjalankan program yang kedua kalinya angka acak yang keluar akan sama dengan angka acak sebelumnya. Dibawah Statement Randomize, terdapat sebuah baris yang berisi pernyataan:

 i=Int(Rnd*1000)

 Angka 1000 menyatakan bahwa bilangan yang diacak adalah 0 sampai 1000 

Sekian Cara Membuat Pengacakan pada Angka di Visual Basic 6.0 dan Source Code Program Angka Acak di VB6. Selamat mencoba senoga berhasil
Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini
Selanjutnya cek e-mail anda untuk verifikasi.

Silahkan tuliskan komentar relevan Anda dengan jelas dan sopan, sesuai dengan topik postingan tentang "" pada halaman dibawah ini.

0 Response to "Cara Membuat Pengacakan pada Angka di Visual Basic 6.0"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel