Mengatasi Notifikasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" / Force Close Android

Mengatasi Notifikasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" / Force Close Android

Selamat datang kembali di TeknoTips.NET. TeknoTips.NET adalah media online Indonesia yang diluncurkan pada bulan Maret 2015. Kami berkomitmen menyajikan konten seputar teknologi yang berkualitas dan bermanfaat. Ulasan kami terdiri dari berbagai topik: pemrograman komputer & database, review produk, tutorial windows, linux, android, kumpulan source code & project program, referensi tugas akhir & skripsi, download ebook, game & software.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas artikel yang berjudul : Mengatasi Notifikasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" / Force Close Android.

Pada kesempatan ini saya mau berbagi tutorial atau tips mengatasi aplikasi android yang tidak merespon tiba-tiba meminta di tutup dan yang sering berhenti secara otomatis atau sobat biasanya force close, bagi sobat para pencinta smartphone android yang sukanya coba-coba aplikasi yang unik-unik sampai yang aneh-aneh saya yakin sobat pernah mengalami aplikasi yang berhenti dengan sendirinya atau force close tersebut, sebelum sobat ingin mengatasi masalah yang smartphone android yang sering force close sobat perlu mengatahui apa saja yang menyebabkannya.
Mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" atau Force Close di Smartphone Android

Lalu apa penyebab FORCE CLOSE di Android?
  • Aplikasi yang sobat gunakan mungkin dalam beta atau uji coba.
  • Cpu dan ram kurangi mumpuni untuk menjalankan aplikasi tersebut, kalau pun itu aplikasi yang sobat gunakan lumayan ringan, mungkin sudah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di balik layar "backgraund" dan hal tersebut menyebabkan ram di android sobat jadi penuh dan tidak bisa membuka aplikasi lain lagi.
  • Data dari aplikasi yang bersakutan belum lengkap dan masih di perlukan pembaharuan.
  • Konfigurasi yang salah sehingga menumpunya file-file sampah Dalvik data cache atau biasanya lebih di kenal dengan nama Temporaly file.
  • Aplikasi kurang begitu kampetibel atau gak cocok dengan android sobat.
  • Sistem kernel yang mengalami kesalahan dalam mengeksekusi atau menjalankan program.
  • Koneksi internet yang tiba-tiba terputus hal ini menyebabkan di beberapa aplikasi yang membutukan koneksi internet seperti game online, streaming ataupun aplikasi chatting.
  • Masalah hardware yang kurang mendukung.
setelah sobat mengetetahui berbagi hal yang bisa menyebabkan aplikasi di android tertutup dengan sendirinya selanjutnya tinggal cara mengatasinya.


Cara mengatasi android yang sering FORCE CLOSE ?

1. Cobalah untuk melakukan restart atau reboot.
  • maksudnya matikan smartphone android sobat kemudian nyalakan kembali, usahakan sobat melakukan restart atau reboot minimal sehari sekali, kenapa saya sarankan begitu? karena smartphone berbeda dengan fiture phone, di smartphone android biasanya aplikasi yang habis sobat gunakan kemudian sudah keluarkan sebenarnaya masa aktif dan membebani memory RAM, kalau sobat tidak percaya coba lihat dengan aplikasi taks manager seperti killme atau yang lainnya.
2. Lakukan Force stop, Clear data dan Clear cache secara menual.
  • Caranya sobat buka setting 
  • kemudian pilih Manager applications
  • kemudian cari dan pilih aplikasi yang sering mengalami force close
  • kemudian klik Force stop lalu klik Claer data nanti ada notifikasi atau peringatan tekan saja ok, terakhir geses ke bawah kemudian Clear cache.
3. Instal ulang aplikasi yang sering mengalami force close
  • Maksudnya sobat hapus dulu aplikasi sering berhenti dengan sendirinya kemudian pasang lagi aplikasi tersebut.
4. Lakukan Update aplikasi yang sering force close.

5. Download data aplikasi atau game secara langsung dari aplikasi yang bersangkutan.
  • Maksudnya sering kali sobat kalau download game mendownload secara manual kemudian memasukan data game misal data Obb secara manual pula, sering kali di situ datanya tidak sesuai dengan aplikasinya, jadi usahakan untuk mengisi datanya sobat mengunduhnya secara online atau langsung dari aplikasi yang bersangkutan.
6. Memastikan koneksi internet lancar ( untuk aplikasi yang butuh koneksi internet).
  • Untuk melihat koneksi berjalan secara lancar atau tidak sobat bisa gunakan aplikasi seperti "Network speed" ataupun "Networt monitor mini" sobat bisa cari dan unduh di Google play.
7. Upgrade OS Android sobat ke versi terbaru yang tersedia untuk smartphone android sobat.
  • Melakukan upgrade os ke versi yang lebih baru akan membuat lebih stabil dan juga menimalisir seringnya crash atau force close pada aplikasi.
Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini
Selanjutnya cek e-mail anda untuk verifikasi.

Silahkan tuliskan komentar relevan Anda dengan jelas dan sopan, sesuai dengan topik postingan tentang "" pada halaman dibawah ini.

0 Response to "Mengatasi Notifikasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" / Force Close Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel