Fungsi, Cara Kerja dan Teknik Subnetting dalam Jaringan Komputer

Fungsi, Cara Kerja dan Teknik Subnetting dalam Jaringan Komputer

Selamat datang kembali di TeknoTips.NET. TeknoTips.NET adalah media online Indonesia yang diluncurkan pada bulan Maret 2015. Kami berkomitmen menyajikan konten seputar teknologi yang berkualitas dan bermanfaat. Ulasan kami terdiri dari berbagai topik: pemrograman komputer & database, review produk, tutorial windows, linux, android, kumpulan source code & project program, referensi tugas akhir & skripsi, download ebook, game & software.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas artikel yang berjudul : Fungsi, Cara Kerja dan Teknik Subnetting dalam Jaringan Komputer.



Fungsi Subnetting
Fungsi subnetting antara lain sbb:
  1. Mengurangi lalu-lintas jaringan, sehingga data yang lewat di perusahaan tidak akan bertabrakan (collision) atau macet.
  2. Teroptimasinya unjuk kerja jaringan.
  3. Pengelolaan yang disederhanakan.
  4. Membantu pengembangan jaringan ke arah jarak geografis yang menjauh,
Untuk contohnya kita bisa ambil kasus sbb : WAN yang menggunakan jaringan antar kota yang berbeda. lebih optimpal jaringan tersebut dengan subnetting.

Fungsi Subnetting, Proses Subnetting, Mengenal Teknik Subnetting, Network Perusahaan, teknik subnetting akan terdapat 2 buah subnetwork, WAN, Fungsi, Cara Kerja dan Teknik Subnetting dalam Jaringan Komputer
Proses Subnetting
Untuk melakukan proses subnetting kita akan melakukan beberapa proses antara lain :
  1. Menentukan jumlah subnet yang dihasilkan oleh subnet mask
  2. Menentukan jumlah host per subnet
  3. Menentukan subnet yang valid
  4. Menentukan alamat broadcast untuk tiap subnet
  5. Menentukan host – host yang valid untuk tiap subnet

Mengenal Teknik Subnetting
Misalkan disebuah perusahaan terdapat 200 komputer (host). Tanpa menggunakan subnetting maka semua komputer (host) tersebut dapat kita hubungkan kedalam sebuah jaringan tunggal dengan perincian sebagai berikut :

Misal kita gunakan IP Address Private kelas C dengan subnet mask defaultnya yaitu 255.255.255.0 sehingga perinciannya sebagai berikut:
Network Perusahaan
Alamat Jaringan             : 192.168.1.0
Host Pertama                  : 192.168.1.1
Host Terakhir                 : 192.168.1.254
Broadcast Address         : 192.168.1.255

Misalkan diperusahaan tersebut terdapat 2 divisi yang berbeda sehingga kita akan memecah network tersebut menjadi 2 buah subnetwork, maka dengan teknik subnetting kita akan menggunakan subnet mask 255.255.255.128 (nilai subnet mask ini berbeda-beda tergantung berapa subnetwork yang akan kita buat) sehingga akan menghasilkan 2 buah blok subnet, dengan perincian sebagai berikut :
Network Divisi A
Alamat Jaringan / Subnet A : 192.168.1.0
Host Pertama : 192.168.1.1
Host Terakhir : 192.168.1.126
Broadcast Address : 192.168.1.127

Network Divisi B
Alamat Jaringan / Subnet B : 192.168.1.128
Host Pertama : 192.168.1.129
Host Terakhir : 192.168.1.254
Broadcast Address : 192.168.1.255

Dengan demikian dengan teknik subnetting akan terdapat 2 buah subnetwork yang masing-masing network maksimal terdiri dari 125 host (komputer). Masing-masing komputer dari subnetwork yang berbeda tidak akan bisa saling berkomunikasi sehingga meningkatkan security dan mengurangi terjadinya kongesti. Apabila dikehendaki agar beberapa komputer dari network yang berbeda tersebut dapat saling berkomunikasi maka kita harus menggunakan Router.

Tag : Fungsi Subnetting, Proses Subnetting, Mengenal Teknik Subnetting, Network Perusahaan, teknik subnetting akan terdapat 2 buah subnetwork, WAN, Fungsi, Cara Kerja dan Teknik Subnetting dalam Jaringan Komputer.
Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini
Selanjutnya cek e-mail anda untuk verifikasi.

Silahkan tuliskan komentar relevan Anda dengan jelas dan sopan, sesuai dengan topik postingan tentang ", " pada halaman dibawah ini.

0 Response to "Fungsi, Cara Kerja dan Teknik Subnetting dalam Jaringan Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel